Senin, September 22, 2008

Warren Edward Buffett

Warren Edward Buffett dilahirkan di Omaha, Nebraska pada tanggal 30 Agustus 1930. Sosok yang dikenal sebagai seorang investor, pebisnis dan dermawan.

Buffet mendapatkan keberuntungannya melalui investasinya atas perusahaan yang bermasalah yaitu Berkshire Hathaway di tahun 1962. Perusahaan ini sekarang berkembang menjadi perusahaan raksasa yang bergerak di bidang investasi dan asuransi dengan menguasai puluhan perusahaan. Berdasarkan laporan majalah Forbes pada bulan September 2007 kekayaan bersih Buffet kini telah mencapai 52 milliar dollar atau setara dengan 500 trilliun rupiah, jumlah ini berada pada posisi ketiga setelah kekayaan Bill Gates dan Carlos Slim Helu.

Warren Buffet merupakan seorang investor fundamental. dalam pengambilan keputusannya untuk berinvestasi Ia selalu menggunakan analisa fundamental, seperti P/E ratio, cash flow, profit margin, EBITDA (earning before interest, taxes, depreciation & amortization), aset, dan perkembangan ekonomi makro sebagai alat untuk mengambil keputusan.

>
Disamping terkenal sebagai investor ulung, Buffet yang kini berusia 77 tahun ini juga dikenal sangat dermawan. Ia telah mendonasikan kekayaannya sejumlah 31 milliar dollar untuk kepentingan amal hingga saat ini. Buffet juga memiliki gaya hidup yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa sisi kehidupan menarik dari Warren Buffet beserta kesederhanaanya.

1. Ia pertama kali membeli saham diusianya yang ke-11, Belakangan ia baru menyadari bahwa di usia tersebut ia sudah terlambat untuk memulai berinvestasi dalam saham.

2. Ia membeli sebidang tanah pertanian pada usia 14 tahun dengan tabungannya yang dikumpulkan dari hasil menjadi loper koran.

3. Hingga saat ini Ia masih tinggal di rumahnya yang sederhana tanpa pagar dan tembok yang mewah dengan 3 kamar di wilayah yang berbatasan dengan Omaha. Rumah ini dibelinya 50 tahun silam setelah Ia menikah. Meskipun ia memiliki rumah mewah di Laguna Beach, California yang akhirnya di tahun 2004 telah dijual, tetapi ia lebih memilih tinggal di rumahnya yang sederhana. Ia mengatakan bahwa di rumahnya tersebut Ia memiliki segalanya yang Ia inginkan.

4. Ia mengendarai mobilnya sendiri tanpa memiliki supir dan pengawalan yang sangat ketat. 5. Ia tidak pernah melakukan perjalanan dengan menggunakan jet pribadi, meskipun Ia memiliki perusahaan jet terbesar di dunia.

6. Perusahaannya, Berkshire Hathaway memiliki 63 perusahaan. Ia tidak pernah mengintervensi jalannya perusahaan. Ia hanya menulis satu surat setiap tahunnya kepada masing-masing CEO perusahaannya dan memberi mereka target yang harus dicapai per tahun. Ia tidak pernah melakukan pertemuan atau memanggil CEO-CEO tersebut dalam jadwal yang tetap. Ia hanya memberikan dua aturan kepada CEO-nya yaitu 1. Jangan pernah Anda kehilangan kepemilikian saham Anda, dan 2 Jangan lupa aturan nomor 1.

7. Ia tidak pernah menghabiskan waktunya dengan kalangan jetset dan high class. Waktu luangnya dihabiskan bersama keluarga di rumah, menonton televisi dengan camilan popcorn.

8. Bill Gates, pertama kali bertemu dengan Warren Buffet sekitar lima tahun yang lalu. Bill Gates sebelumnya tidak pernah berfikir bahwa ia memiliki kesamaan dengan Buffet. Sehingga ia hanya merencanakan untuk bertemu dengan Buffet selama satu jam. Tetapi ketika Bill gates menemuinya, pertemuan itu ternyata berlangsung hingga sepuluh jam, dan Bill Gates kini menjadi pengagum Warren Buffet.

9. Buffet tidak pernah membawa Telepon Selular ataupun Komputer di Meja Kerjanya.

Warren Buffet memiliki pesan terhadap generasi-generasi muda saat ini.
“Jauhkan diri dari kartu kredit dan berinvestasilah pada diri sendiri dan Ingat bahwa :

Uang tidak dapat menciptakan manusia, tetapi manusia yang menciptakan uang.Hiduplah sesederhana mungkin.

Jangan lakukan apa yang orang lain katakan, dengarkan mereka, tetapi lakukanlah apa yang menurut Anda baik.

Jangan terpancing pada merek yang terkenal, kenakan pakaian yang menurut Anda nyaman.

Jangan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Keluarkanlah uang Anda bagi mereka yang membutuhkannya.

Hidup Anda adalah milik Anda, jangan pernah berikan kesempatan pada orang lain untuk mengatur hidup Anda.

Tidak ada komentar: