Jumat, Januari 21, 2011

SALAH SATU NIKMAT DARI ALLAH SWT

Saat kamu beranjak remaja, ada banyak perubahan yang terjadi pada dirimu. Salah satunya, mimpi basah. Mimpi basah memang merupakan persoalan yang sering ditanyakan oleh seorang remaja pria. Maklum aja, waktu kamu masih anak-anak kan tidak mengalami hal itu.

Mimpi basah berkaitan dengan fungsi reproduksi kamu yang kini sudah siap untuk menjalankan fungsi menghasilkan keturunan. Cairan yang keluar saat mimpi basah adalah cairan sperma. Cairan tersebut merupakan campuran dari sel-sel sperma dan cairan khusus yang dihasilkan oleh beberapa organ reproduksi milikmu. Nah, untuk jelasnya kita simak saja penjelasan tentang sperma berikut ini.

Sperma adalah sel benih yang dihasilkan oleh seorang pria. Sperma dibuat oleh testis dalam jumlah jutaan setiap harinya. Pada orang dewasa, jumlahnya bisa mencapai lebih dari 1 milyar per hari. Banyak sekali ya.

Ukuran sperma sangat kecil. Kamu tidak akan bisa melihatnya dengan mata telanjang. Ambil penggaris dan lihat ukuran 1 mm. Masih terlihat kan. Nah, ukuran sperma adalah 0.05 mm. Mampukah kamu melihatnya?

Sperma dihasilkan oleh testis dan dialirkan ke luar oleh sebuah saluran yang disebut epididimis. Waktu yang diperlukan untuk berjalan di dalam epididimis berkisar antara 4 dan 6 minggu. Selama perjalanan, sperma juga mengalami proses pematangan dirinya.

Selepas dari epididimis, sperma akan masuk ke dalam sebuah tabung otot yang disebut vas deferens. Jutaan sperma memasuki vas deferens setiap harinya. Vas deferens membentang dari epididimis ke uretra. Dari sini, sperma akan dipersiapkan untuk keluar melalui penis. Vas deferens juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma.

Sebelum dikeluarkan pada saat ejakulasi, sperma akan bercampur dengan cairan yang dihasilkan oleh prostat dan vesikula seminalis dan menghasilkan cairan yang disebut semen.

Pada saat seorang pria mengalami ejakulasi, sperma akan dipompakan keluar melalui vas deferens, bercampur dengan cairan prostat dan vesikula seminalis dan dikeluarkan melalui uretra.

Setiap ejakulasi, jumlah sperma yang dikeluarkan sekitar ? milyar banyaknya. Tetapi yang berhasil untuk membuahi sel telur hanya satu. Lainnya gugur dalam pertandingan. Dengan kata lain, kita semua adalah orang-orang hebat yang berhasil memenangkan persaingan melawan ratusan juta lawan. Benar kan!!!

Tidak ada komentar: